Perencanaan Bisnis


Apa yang akan kamu lakukan jika punya ide bisnis? Mungkin ada yang mengatakan “saya akan melaksanakan ideku”, pertanyaannya adalah, bagaimana melaksanakan ide itu? Ada juga yang mengatakan “aku mau cari modal dulu” dan beragam ungkapan untuk menjelaskan pertanyaan tersebut. Jawaban diatas tidak salah. Tapi kurang tepat. Sebab yang harus diperhatikan dalam merealisasikan ide tersebut adalah bagaimana membuat rencana bisnis yang baik.

Sebab kendati pun ada modal, ada ide tetapi tidak faham bagaimana cara melaksanakan ide tersebut. Sama saja dengan boong. Atas pemikiran itulah, maka sebuah rencana bisnis sangat diperlukan, untuk apa? Rencana bisnis diperlukan; (1) sebagai panduan dalam melaksanakan bisnis dan (2) dapat digunakan untuk negosiasi, jika sang pengide tersebut tidak memiliki modal.

Bisnis tanpa rencana bisnis, sama halnya dengan membangun rumah tanpa gambar. Berlayar tanpa arah dan tujuan, tak miliki kompas. Sehingga tidak jelas posisinya pada koordinat mana dan akan sampai di pulau mana kapan, semuanya serba kabur. Bisnis tanpa rencana bisnis akhirnya akan membuat seorang menjadi gamang dan disorientasi. Sehingga ketika melihat ada dua pulau, maka si kapten kapal jadi bingung, pulau yang mana yang sebenarnya? Disinalah pentingnya sebuah business plan.

Rencana bisnis adalah proposal yang menjelaskan deskripsi bisnis, mulai dari ide bisnis; mengapa tertarik dengan bisnis tersebut; apa saja kelebihan dari ide tersebut; market testing; analisis pesaing; rencana pasar dan pemasaran; analisis finansial; desain produksi; sumber daya manusia; launching produk dan strategi bertahan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s