Lembaga pendidikan merupakan organisasi nirlaba yang menyediakan jasa kepada masyarakat pengguna pendidikan. Di tahun-tahun mendatang, iklim pendidikan tidak lagi seperti dimasa lampau. Suasana itu bisa terasa saat ini. Dengan pendekatan-pendekatan bisnis, pendidikan perlahan-lahan bergerak kepada suatu mekanisme pasar persaingan. Dimana dalam pasar seperti itu, maka yang akan menjadi pemenang adalah mereka yang mampu efisien, efektif, melayani dengan baik, kualitas dan orientasi pada permintaan pasar.

Sehingga setuju atau tidak, maka pengelolaan lembaga pendidikan pun harus mengalami perubahan-perubahan dan cara-cara pengelolaan yang lebih baik. Jika demikian, maka kepentingan untuk membangun citra sangatlah penting. Sementara pendekatan terbaik dalam membangun citra adalah lewat pemasaran. Mungkin banyak yang tidak sepaham dengan saya. Tetapi pemesaran bagi lembaga pendidikan saat ini sangatlah penting.

Banyak sekolah bagus di negeri ini. Tetapi mereka gagal membangun citranya sehingga tidak mendapat kepercayaan masyarakat. Sebaliknya, sekolah-sekolah yang saat ini berkibar, kebanyakan adalah sekolah-sekolah yang mampu memberikan positioning bagi masyarakat. Walau pun tidak menjadi jaminan bahwa ia merupakan sekolah yang bermutu.

Iklan