Tinggal mengitung bulan, pelaksanaan pemilihan umum legislatif yang menurut jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan dilangsungkan pada bulan april 2009. Partai politik peserta pemilu pun sudah memasang kuda-kuda. Proses sosialisasi dan rekruitmen calon anggota legislatif sudah dalam proses penentuan akhir yang akan menjadi daftar calon tetap (DPR/DPD/DPRD).

Kenapa pemilu legislatif begitu penting? Karena konfigurasi hasil pemilihan pemilu legislatif akan menjadi gambaran posisi kekuatan diparlemen. Sehingga atas dasar itulah, koalisi dibangun di tingkat partai politik untuk melakukan (1) posisi oposan dan (2) partai pendukung pemerintah yang akan mengawal keputusan-keputusan pemerintah.

Dalam sistem presidensial semacam Indonesia, karena sistem partai yang sangat multi, maka koalisi menjadi keniscayaan. Sebab kalau tidak ada koalisi, maka efektifitas kebijakan-kebijakan akan banyak terhambat dilegislatif. Sekarang yang perlu diperhatikan oleh partai-partai politik adalah bagaimana membicarakan format koalisi? Apa saja agenda-agenda yang akan dibangun dalam koalisi tersebut? Sehingga pemetaannya bisa jelas. Partai yang secara ideologis dan memiliki persamaan cita-cita akan lebih bisa bersama.

Iklan