Sudah sejak lama saya ingin beli kamera DSLR. Tapi baru tahun 2012 ini saya bisa mewujudkan keinginan itu. Sebenarnya saya ada budget sejak tahun lalu. Tapi saya masih meyakinkan diri. Apa kamera yang menjadi kebutuhan saya sekarang? Pertanyaan itu terngian terus. Jika dibuat list kebutuhan, nampaknya tidak ada kebutuhan yang terlalu mendesak dan saya kira kenapa tidak saya beli saja kamera.

kamera ini telah menemani dalam beberapa perjalanan (dok pribadi)

Saya butuh kamera terutama untuk mendokumentasikan kerja-kerja riset, training dan pendampingan yang selama ini saya geluti. Dalam kaitannya dengan riset, gambar menjadi penting sebagai sebuah data. Di samping itu, dengan kamera saya bisa gunakan kalau saya jalan-jalan atau mengunjungi suatu tempat mungkin juga bila ada kegiatan organisasi terutama kalau di mandat ke luar Jawa.

Akhirnya di awal Juni ada Festival Komputer Indonesia saya memutuskan untuk membeli kamera. Merek yang saya pilih nikon seri d3000. Kenapa nikon? Pertimbangannya lebih pada aspek brand. Bicara soal kamera dan foto, ya nikon. Itu saja alasannya. Tidak lebih. Tidak juga karena nikon lebih baik kualitas gambarnya. Tidak.

Alhamdulillah … …thank’s ya Allah atas limpahan rezikinya .. ..

