Sudah seringkali aku ke Selayar. Hanya saja selama ini aku naik bus yang biasa di tempuh seharian penuh. Kali ini aku mau berbagi pengalaman pertamaku naik pesawat ke Selayar. Kebetulan lagi padat-padatnya agendaku. Dalam dua minggu harus bolak-balik Yogya – Makassar – Selayar – Jakarta. Ada kegiatan yang berdekatan di Jakarta pertama adalah meeting dengan The Asia Foundation dan yang lain adalah pertemuan nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR).

DSC_0900
Wing Air, Makassar-Selayar PP (foto: Moel)

Sebenarnya aku sudah mau beli tiket bus. Tapi malam-malam adikku menelepon. Ia mengabarkan bahwa ia juga akan ke Selayar dengan Bapak dan sepupu. “kalau mau ikut sama kami, saya belikan tiket” tawarnya.

DSC_4483
Landasan Pacu Bandara Aroeppala (foto: Moel)

Akhirnya aku mengiyakan. Hitung-hitung bisa bareng sama keluarga. Lagian juga aku belum pernah naik pesawat ke Selayar. “The First Fligh to Selayar” gumamku dalam hati. Penerbangan ke Selayar memang di layani oleh dua maskapai yaitu Merpati Air dan Express. Merpati dua kali seminggu sementara Express setiap hari Sabtu.

Penumpan turun dari pesawat (doc pribadi, 2013)
Penumpan turun dari pesawat (doc pribadi, 2013)

Cukup lama kami menunggu di Bandara Sultan Hasanuddin siang itu. Kira-kira pukul 14.30 petugas Bandara mengumumkan. “Perhatian, kepada para penumpang Merpati tujuan Selayar dipersilakan naik ke pesawat”. Akhirnya kami berempat bergegas ke gate yang harus turun ke lantai dasar untuk naik mobil karena pesawatnya cukup jauh parkir.

Mentri Perhubungan Agum Gumelar saat meresmikan Bandar Udara Aroeppala
Mentri Perhubungan Agum Gumelar saat meresmikan Bandar Udara Aroeppala

Jenis pesawat yang melayani rute Makassar-Selayar adalah Merpati MA-60. Pesawat berbadan kecil buatan China. Pesawat ini memuat kurang lebih 30 orang. Akhirnya kami naik kepesawat. Perjalanan cukup baik, tidak terlalu berguncang. Ikut di pesawat itu tokoh asal Selayar, KH Muchtar Adam, Pimpinan Ponpes Babussalam, Cibural, Bandung.

Bandara Aroeppala, Selayar, Sulawesi Selatan
Bandara Aroeppala, Selayar, Sulawesi Selatan (doc pribadi, 2013)

Setelah 30-an menit di udara, akhirnya pramugari mengumumkan bahwa pesawat sebentar lagi akan mendarat. Penumpang diminta menggunakan sabuk pengaman dan duduk di kursinya masing-masing. Dalam beberapa menit kemudian akhirnya ban pesawat menyentuh landasan pacu Bandara Aroeppala, Padang, Selayar.

DSC_0901
Pesawat Avia Star (foto: Moel)
Iklan