USA Shutdown; so what ..?


Hawa dingin (karena embun) masih terasa. Pagi itu seperti biasa, saya duduk di depan TV menyimak berita. Ketika chanel TV saya pindahkan ke Voice of America, seorang pembaca berita melaporkan bahwa layanan pemerintah di Amerika untuk sementara di hentikan. Khususnya fasilitas-fasilitas publik yang dikelola oleh pemerintah. Apa sebenarnya yang sedang terjadi? Apa Amerika benar-benar bangkrut, sehingga tidak mampu lagi membiayai pelayanan pemerintahan?

Papan pengumuman di suatu instansi (sumber: www.hdnux.com)
Papan pengumuman di suatu instansi (sumber: http://www.hdnux.com)

Dari beberapa laporan yang saya baca kejadian ini sebenarnya mengulang kejadian serupa di masa pemerintahan Clinton. Yaitu adanya kebuntuan pembahasan anggaran antara parlemen (yang dikuasai oleh partai republik) dan senat (yang didominasi oleh demokrat). Dengan demikian, pemerintahan federal terpaksa menghentikan sementara (dipaksa cuti tanpa gaji) sekitar 800 ribu pegawai federal.

Pangkal persoalannya terletak pada policy Obama terkait asuransi kesehatan (Obamacare) yang oleh partai Republik diganjal di parlemen. Anggota parlemen partai Republik menolak menandatangani rancangan perundangan itu. Kita tau bahwa Partai Republik cukup mendominasi di parlemen.

Lalu kapan re start ulang? Apa jadinya bisa pelayanan publik tutup? Ini menjadi hal yang cukup krusial. Mengapa, karena menyangkut banyak orang. Jika kebuntuan ini tidak diselesaikan, pasti akan menambah persoalan. Saya kira, Obama perlu belajar dari pengalaman Clinton dalam menyelesaikan kisruh seperti ini dimasa lalu.

Iklan

Satu pemikiran pada “USA Shutdown; so what ..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s