Graduation


Di sebuah pagi di bulan januari 2015 saat minum teh bersama keluarga, ponsel saya tiba-tiba berdering. Teman saya (Ayu Ogari: namanya) memberi kabar bahwa kami bisa wisuda periode januari ini. Kok gitu.

Ceritanya begini. Kami (berempat) termasuk mahasiswa/i yang melewati batas waktu studi 2 tahun. Sehingga sampai batas waktu terakhir input data calon wisudawan kami masih kekurangan satu syarat untuk bisa ikut wisuda. Apa itu? Surat keterangan bebes biaya pendidikan dari direktorat akademik.

ujian tesis
Ruang kelas saat ujian

Sebab kami berempat mengajukan surat melalui ka prodi terus wakil dekan mengenai besaran biaya yang kami harus tambahkan akibat lewat masa studi itu ke rektorat. Karena itu, surat penyampaian turun sehari setelah pendaftaran tutup. Akibatnya tidak ada kepastian kami boleh ikut periode januari. Akhirnya saya putuskan untuk pulang ke Selayar.

Dan tiba-tiba kabar baik itu datang. Empat hari setelah saya sampai di Selayar. Siang itu saya langsung beli tiket ke Jakarta sekalian pesan mobil untuk pemberangkatan fery pertama dari Selayar tujuan Makassar. Saya menempuh tujuan Jakarta, karena pada hari minggu (17/1) saya ikut rapat kerja Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah. Minggu sore saya lalu ke Jogja naik Taksaka, sebab hari senin harus ambil toga, dll urusan upacara wisuda.

Purnawisuda fakultas pertanian ugm
Purnawisuda FP UGM

 

Dan alhamdulillah, urusan bisa tertangani semua sehingga upacara wisuda bisa berjalan baik. Dan pada hari kamis (22/1) di Grha Sabha Pramana kami mengikrarkan janji alumni UGM dipimpin Ibu Rektor, Prof. Dwikorita Karnawati. Meskipun tidak dihadiri oleh orang tua. Tapi cukup ramailah dengan kawan-kawan saya. Seperti biasa, kita traktiran dengan kawan-kawan di Lombok Ijo.

Terima kasih yang tak terhingga kepada guru-guru kami di Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada; Prof. Dr. Ir. Sri Widodo, M.Sc. (guru besar emeritus & pembimbing akademik penulis), Dr. Ir. Slamet Hartono, M.Sc. (Ka prodi & penguji I), Jamhari, PhD (Dekan FP UGM & penguji II), Prof. Dr. Ir. Masyhuri, Prof. Dr. Ir. Dwidjono HD, Prof. Dr. Ir. Irham, Dr. Ir. Any Suryantini, Dr. Ir. Suhatmini Haryastuti. Dr. Jangkung HM., M.Ec. Dr. Indra Bastian, Dr. Ir. Yusuf BL., M.Sc., Prof. Dr. Ir. Kamisi HN., M.Sc., Prof. Dr. Ir. Krisna Agung, Ir. Ken Suratiyah, MS dan pengajar lainnya yang tidak sempat saya sebut. Demikian juga kepada tenaga administrasi akademik di prodi Mas Andy, Mbak Isty dan Kak Mus.

Menerima Ijazah dari Wakil Dekan FP UGM
Wkl Dekan FP UGM: “hati-hati yo lek”

Demikian pula terima kasih kepada Inspect Yogyakarta tempat penulis menjadi staff peneliti untuk beberapa tahun lamanya, ada mas Macrov, mas Ion, bung Sheto & mbak Prima. Kepada kawan-kawan di Pusham UII tempat saya belajar ilmu sosial & sosiologi hukum. Teman-teman di kost agus salim, kuncen & di markas 302. Semoga Allah memberikan berkah kepada sahabat & kawan semuanya, amien.

Iklan

3 pemikiran pada “Graduation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s