Portfolio

Beberapa kegiatan penulisan modul, riset, perencanaan dan kerja pendampingan yang pernah saya tangani secara profesional antara lain :

  • Modul
  1. (2013) Modul pendidikan pemilih, KPU Kepulauan Selayar
  2. (2013) Modul Konflik, Polisi dan Kebebasan Beragama, Pusham UII & The Asia Foundation
  3. (2013) Modul Pengajian Cabang Muhammadiyah, LPCR PP Muhammadiyah.
  4. (2012) Modul Gerakan Islam, Pusham UII & TIFA
  5. (2008) Modul Pelatihan Jurnalistik, LaPSI
  6. (2007) Modul Advokasi, PP IPM
  • Riset/kajian
  1. 2015 – Pudarnya Pesona Politik Formal: Studi Kesukarelaan Politik Warga Dalam Pemilihan Umum Tahun 2014 di Kabupaten Kepulauan Selayar.
  2. 2007 – Monitoring dan Evaluasi Program Biaya Operasional Sekolah (BOS) Di D.I. Yogyakarta kerjasama PT. Alpindo Arga Cipta dengan Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas Republik Indonesia. (Asisten Lapangan).
  3. 2008 – Visi Filantropi Islam Berbasis Pesantren Dalam Masyarakat Perkotaan dan Pedesaan (Studi Kasus Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta dan Pesantren Darul Ulum Muhammadiyah Kulonprogo) kerjasama LP3M UMY dan DP2M, Departemen Pendidikan Nasional R.I. (Asisten Peneliti).
  4. 2009 – Pengukuran Indeks Masyarakat Islam yang Sebenar Benarnya (IMIYS) di Propinsi D.I. Yogyakarta kerjasama PSM UMY, Civil Islamic Institute dan World Vision Indonesia. (Peneliti).
  5. 2009 – Analisis Daya Tarik Investasi Daerah di Provinsi DI Yogyakarta kerjasama BKPM Provinsi DI Yogyakarta dengan PT. Inspect Multi Konsultan. (Asisten Peneliti).
  6. 2009 – Survei Pemetaan dan Pengembangan Industri Kecil dan Menengah. Kerjasama PT. Inspect Multi Konsultan dengan Departemen Perindustrian Republik Indonesia. (Peneliti).
  7. 2009 – Penyusunan Profile Investasi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kerjasama BKPM D.I. Yogyakarta dengan Fakultas Ekonomi UMY. (Asisten peneliti).
  8. 2009 – Penyusunan Model Kelembagaan Ekonomi Masyarakat Pedesaan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kerjasama Javas Sulusi, cv dengan Bappeda Provinsi DI Yogyakarta. (Peneliti).
  9. 2010 – Pengembangan Pariwisata Minat Khusus di Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta. Kerjasama antara Jogja Haritage Society dengan Bappeda DI Yogyakarta. (Asisten Peneliti).
  10. 2011 – Diskresi dan Kinerja Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) dalam penerapan Prinsip-prinsip Hak Asasi Manusia (HAM). Kerjasama Pusham UII dengan Akpol, DANIDA dan The Asia Foundation. (Peneliti).
  11. 2011 – Studi Evaluasi RPJMD Kota Tegal 2009 – 2014. Kerjasama PT. Inspect Multi Konsultan dengan Bappeda Kota Tegal. (Peneliti).
  12. 2011 – Studi Gerakan Islam di Yogyakarta kerjasama Pusham UII dengan EU. (Anggota Peneliti).
  13. 2011 (Oktober – Desember) – Kajian Penyusunan Strategi dan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Yogyakarta kerjasama Dinas Perindagkop Kota Yogyakarta dengan PT Inspect Multi Konsultan. (Peneliti).
  14. 2011 – Sudahkah Polri Berubah! Studi Terhadap Akuntabilitas Polri Dalam Penangan Kasus Hukum di Provinsi DI Yogyakarta, kerjasama Pusham UII dengan The Asia Foundation. (Koordinator Tim Peneliti).
  15. Januari – Februari 2012. Riset kurikulum HAM, Polmas dan Ilmu Sosial di Akademi Kepolisian, Semarang kerjasama Pusham UII dengan The Asia Foundation dalam program Community Oriented Policing.
  16. April -Juni 2012. Identifikasi dan Pemetaan Pulau-pulau Kecil di Provinsi NTT dan NTB. Kerjasama Kementrian Kelautan dan Perikanan R.I dengan PT. Inspect Multi Konsultan. (Posisi Sebagai Ahli Sosial Ekonomi).
  17. Juni – Juli 2012. Analisis Kebijakan Kerjasama di Provinsi DIY. Biro Perekonomian dan SDA Setda Provinsi DIY. (Anggota peneliti).
  18. November 2012. Kajian Penyusunan Master Plan Pengembangan Industri Kreatif Kota Yogyakarta. (Posisi sebagai ahli sosial).
  19. Oktober – Desember 2012. Kajian Model Pemberdayaan Buruh Perempuan Disektor Informal di Provinsi DIY. BPPM DIY. (Posisi sebaga ahli Sosek).
  • Pendampingan:
  1. 2000 – 2002. Program Pertanian Organik Yayasan Perak Makassar. (Fasilitator Kelompok Tani)
  2. 2004. Pendidikan Politik Bagi Penyandang Cacat Oleh PERTUNI kerjasama USAID Indonesia di Tana Toraja Sulawesi Selatan. (Fasilitator Kelompok).
  3. 2007 – Sekarang. Program Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Pengemudi Becak Ngabean, Yogyakarta. (Fasilitator Kelompok).
  4. 2008. Diklat Kewirausahaan Bagi Kelompok Strategis Lembaga Sosial Keagamaan, Kementrian Negara Koperasi dan UKMK, Di Yogyakarta. (Instruktur/Fasilitator).
  5. 2008. Pelatihan Pertanian Berbasis Sumberdaya Alam, kerjasama PT. International Nickel Corporation (INCO) dengan PT. Bangun Umat Sejahtera (Fasilitator CSR Program).
  6. 2009. Pelatihan Fasilitator Pendamping Industri Kecil dan Menengah Departemen Perindustrian R.I. Yogyakarta (Instruktur/Fasilitator).
  7. 2009. Pendampingan Sentra Mebel Kayu di Kab. Kulon Progo dan Kab. Gunungkidul kerjasama CV. Javas Solusi dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi D.I. Yogyakarta (konsultan manajemen).

8 thoughts on “Portfolio

      1. guspinix

        Asyek, pingin tau sistem pengairan di bali, next kalau seumpama di bali kabar2 ya… sapa tau bisa say hello 😉

Leave a comment