Tips Wisata Ke Takabonerate


Hai tema-teman pencinta perjalanan. Izinkan kali ini saya berbagi tips dan trik. Tips tentang perjalanan ke destinasi, khususnya ke Taman Nasional Takabonerate (baca: TNTBR). Oh iya, bagi Anda yang belum pernah kesini tentu bertanya-tanya. Di mana sih TNTBR itu? bagaimana caranya bisa sampai disana? dan berapa budget?

Secara geografis, TNTBR itu terletak di Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan. Posisinya persis di laut flores di sisi tenggara Pulau Selayar. Kalau buka maps, harus zoom dulu biar kelihatan pulau-pulau kecilnya.

tntbr1
Rombongan Putri and the gang, tamu kami Dari Jakarta

Nah teman-teman, karena letaknya yang jauh, tentu kalau mau melakukan perjalanan ke tempat ini, Anda perlu persiapan yang matang. Mulai dari membuat jadwal trip, moda transportasi, menyiapkan fisik, biaya dan itenerary tentunya.

Pertama, Waktu. Ini masalah yang penting. Bisa jadi teman-teman punya waktu libur atau  cuti dan gak mikir panjang atau riset tentang perjalanan ke Takabonerate lalu langsung beli tiket. Itu bisa parah bangat. Jangan sampai waktunya tidak cocok dengan waktu terbaik mengunjungi TNTBR. Beberapa orang sering salah langkah karena tidak menimbang masalah waktu. Tiba-tiba sudah nongol di Selayar. Teman-teman perlu catat, bahwa waktu terbaik melakukan perjalanan ke Takabonerate itu di bulan April – Juni dan di bulang September – November. Dan waktu yang paling pas itu di bulan Mei dan Oktober. Cuaca di bulan itu baik sekali. Di luar dari waktu tersebut, sangat tidak disarankan sebab terkait dengan ombak dan angin (faktor cuaca).

Kedua, moda transportasi. Jangan membayangkan TNTBR itu seperti mengunjungi Kepulauan Seribu. Ke TNTBR perlu disiapkan secara matang. Pilihan transportasi sampai ke Selayar, ibu kota Kabupaten boleh dikata tidak ada masalah. Moda transportasi bisa kita sesuaikan dengan budget kita. Ada moda pesawat (ATR) yang melayani Makassar – Selayar (PP), jadwalnya setiap hari. Pemberangkatan dari Makassar pukul 08.45 WITA dan sampai di Selayar pukul 09.30 WITA (kurang lebih). Kemudian penerbangan kedua kurang lebih di pukul 14.00 WITA (bisa chek sendiri jadwal). Di samping moda transportasi udara, bisa juga melalui transportasi darat dari Makassar, yaitu naik Bus dari terminal Mallengkeri. Ada juga jenis kendaraan Avanza dan Inova. Nah, teman-teman jangan berfikir dulu bahwa sampai di Selayar sudah sampai TNTBR, belum. Masih jauh. Dari Pulau Selayar harus melanjutkan lagi perjalanan naik mobil ke Pelabuhan Pattumbukan (60 menit). Di sana kapal (bahasa lokal: jolor) akan menjemput ke TNTBR. Oh, iya teman-teman, dari Pulau Selayar ke TNTBR saat ini belum ada kapal regular yang melayani rute tersebut, oleh karena itu perlu banyak biaya untuk bayar kapal. Sehingga disarankan kalau trip ke TNTBR lebih baik group. Biar lebih murah.

Ketiga, fisik. Perjalanan ke TNTBR perlu fisik yang baik. Jadi usahakan minum vitamin. Saya kasih ilustrasi, jika titik perjalanan dari Jakarta.

Jakarta - Makassar = 2 Jam

Makassar - Selayar = 40 menit (belum kalau naik Bus, misalnya)

Selayar - Pelabuhan = 1 jam

Pelabuhan - Takabonerate = 4 - 5 jam

Jadi perjalanan ke TNTBR kurang lebih menghabiskan seharian. Ini penting dalam menyusun itinerary. Siapkanlah waktu spare sehari buat perjalanan kesana.

Keempat, itinerary. Pertama, ke TNTBR mau ngapain? Diving, riset atau hoping island (snorkeling, dll) saja. Terus di TNTBR mau ambil lokasi dimana; di Pulau Tinabo, Pulau Latondu atau Pulau Rajuni. Paling cocok perjalanan ke TNTBR yaitu 4 hari 3 malam (4D3N).

Catatan:

  • Jika tidak mau ribet, bisa mempertimbangkan operator lokal yang ada di Selayar. Mereka cukup terlatih dalam menghandel tamu. Jumpai mereka di Deep & Extream, JCC Jakarta.
  • Apabila Anda mau diving di Selayar atau di Takabonerate, saya rekomendasikan Selayar Marine Dive Center; DC ini punya sumberdaya yang banyak; 1 orang instruktur (SSI), 5 orang Dive Master (3 dive master PADI, 1 dive master ADSI, dan 1 dive master SDI/TDI). SMD sering ikut Deep & Extream.

12 thoughts on “Tips Wisata Ke Takabonerate

Add yours

    1. Kawan-kawan di Selayar sebenarnya sedang menyiapkan event; Kemah Konservasi, tapi karena wabah covid-19 ini jadinya di tunda. Entah kapan kelanjutannya ..

    1. Iya Mas, betul. Dari Bulukumba harus nyeberang lagi; naik kapal fery (2 jam). Tapi klo naik pesawat dr Makassar cuma 35-40 menit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: