Tanggal 24-26 Juli 2012 saya ke Tawangmangu untuk memfasilitasi sebuah training. Ke wilayah tersebut ditempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dari Jogja. Tawangmangu adalah salah satu Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Wilayah tersebut berada di lereng Gunung Lawu. Sehingga suasananya cukup dingin.

suasana di sore hari

Wilayah tersebut merupakan daerah tujuan wisata, khususnya domestik. Spot-spot yang utama yaitu suasana pegunungan, air terjun (Grojogan Sewu), dan camping ground (out bond). Perjalanan dari Karanganyar ke Tawangmangu, mata akan di manjakan dengan land scape alam. Sepanjang jalan mudah sekali di temui rumah-rumah makan. Apalagi villa penginapan, terutama ketika memasuki kawasan wisata Tawangmangu.

Salah satu villa di Tawangmangu, Karanganyar

“Sebenarnya dari dulu tempat ini jadi tujuan wisata. Tapi baru berkembang setelah krisis monoter tahun 1997, setelah tahun 2000-an lebih cepat lagi perekembangan khususnya vila-vila” begitu Mbah Nur menjelaskan kepada saya saat duduk bareng dan ngobrol tentang Tawangmangu di suatu siang.

“Tapi ya gitulah mas, masya Allah di sini rahasia umum vila-vila itu jadi tempat maksiat” tuturnya khawatir.

Hampir setiap rumah tangga di kawasan itu mendesain rumahnya seperti villa. Tersedia kamar yang disewakan kepada wisatawan. Di setiap rumah akan ada satu kamar kosong di bagian belakang villa jika yang empunya villa menerima tamu.

Saya menginap di villa ar-risalah milik al-Irsyad al-Islamiyah. Selama di Tawangmangu saya hanya bisa mandi sekali sehari semalam. Sebab cuacanya dingin sekali. Kecuali di hari ketiga saya bisa mandi dua kali. Vila penginapan sangat padat sekali. Setiap gang-gang ada rumah penginapan yang disewakan sebagai vila bagi tamu-tamu/wisman.

Disuatu pagi saya menyempatkan diri mengambil beberapa gambar vegetasi di sekitar villa penginapan. Berikut:

Iklan